-->

WELCOME TO

GADGETS IN THINK

Share Informasi, Berita, Rumor Seputar Gadget.
GadgetsInThink Line: @tjh3179q

Dual Camera di Smartphone? Buat Apa?

androidcentral

Pertanyaan yang sering muncul di Official Account GadgetsInThink, terutama setelah nge-post Smartphone dengan Dual Camera "Min dual camera buat apa?". Sebenarnya udah pernah dibahas di OA, tapi karena postingannya tenggelam jauh so, bakal saya posting disini.

Dual Camera sepertinya bakal jadi tren, mengingat beberapa smartphone flagship mulai menggunakan dua kamera. Sebut saja HTC One M8, Huawei Honor 6 Plus, LG G5, Huawei P9, Huawei Honor V8 sampai iPhone 7 dirumorkan nantinya akan punya varian dengan dual kamera. Terus fungsinya apa sih kamera ada dua biji? apa ntar bakal ada dua gambar dengan sekali jepret? Yuk baca postingan ini sampe tuntas.

Pada smartphone yang punya dua kamera, masing-masing kamera nya punya tugas yang berbeda. Dan nantinya gambar yang di dapat dari masing-masing lensa akan digabung menjadi satu, dan BOOM! akan menghasilkan gambar yang lebih istimewa. Untuk penjelasan lengkap, pertama kita ambil contoh dari HTC One M8.
Bisa kita lihat, HTC One M8 punya dua kamera yang ukuran fisik nya berbeda, satu punya ukuran lebih besar dan satu lagi punya ukuran yang lebih kecil. Gak cuma ukuran nya aja yang berbeda, tapi tugas dari dua kamera ini juga berbeda. Ini bedanya:
  • Kamera yang punya ukuran besar (bawah) di tugaskan untuk menangkap ruang objek yang lebih lebar atau bahasa kerennya "Wide".
  • Sedangkan kamera yang kecil di atas bertugas mengambil kedalaman gambar (depth). 
Dari hasil kerja dua kamera tersebut, gambar yang dihasilkan HTC One M8 akan terlihat lebih dalam dan lebih lebar dibanding smartphone dengan satu buah kamera saja. Latar depan dan latar belakang gambar pun akan terlihat seolah terpisah dan lebih tajam. Dua kamera tersebut punya kemampuan untuk mengukur jarak antara satu objek dengan objek lain.
phonearena

Sekarang saya ambil satu contoh lagi smartphone dual camera yang baru beberapa bulan lalu dirilis, yakni Huawei P9. Sebenarnya fungsinya gak jauh berbeda, tapi ada yang spesial dengan lensa si P9 ini. Huawei P9 membawa dua kamera, yakni dengan sensor RGB dan Monochrome.

Dua sensor di P9 ini akan bekerja sama. Satu lensa kamera akan mengambil warna RGB (Red, Green, Blue) yang akan membuat gambar lebih menonjol dari sisi kontras dan superior dalam kondisi low-light. Sedangkan kamera monochrome lebih di tujukan untuk mengambil detail gambar.

Dua kamera di Huawei P9 juga miliki fitur untuk mensimulasikan efek wide-aperture yang memungkinkan lebih banyak cahaya yang masuk ke lensa dan membuat gambar pada titik tertentu terlihat sangat dalam.

Kesimpulannya, dua kamera yang ada di smartphone punya tugas yang berbeda tergantung lensa yang dipakai di smartphone tersebut. Biasanya satu kamera untuk menonjolkan warna. Masih belum jelas? Oke, saya kasih video yang mungkin bisa memperjelas tentang dual kamera. Cek dibawah bro.


  • Hands On Honor 6 Plus dari SobatHaPe

  • Review Honor 6 Plus dari SobatHaPe

  • Huawei Honor 6 Plus dari GizmoChina (Bahasa mandarin dengan subtitle english)

  • Dual Camera Smartphones: Explained! dari idola saya Marques Brownlee :D 




Masih ga paham? simpel nya bisa diibaratkan seperti mata kita. Smartphone dengan satu kamera ibarat satu mata kita yang tertutup dan Smartphone dengan dua kamera ibarat mata kamu yang terbuka keduanya. Hanya ibarat, jangan terlalu serius. 

Nah, itu aja yang bisa saya tulis di post ini. Semoga sedikit banyak membuat kamu tahu apa fungsi dua kamera pada Smartphone. Terus pantengin blog gadgetsinthink dan jangan lupa add Official Account Line GadgetsInThink yang ID nya ada di header blog ini. 


Sumber: CNNIndonesia , Hapetop

Share this:

ABOUT ME

Thanks buat yang sudah menyempatkan waktu untuk membaca post GadgetsInThink. Kunjungi terus GadgetsInThink tiap hari, karena akan ada post baru tiap harinya. Add juga Line GadgetsInThink: @tjh3179q

JOIN CONVERSATION

2 comments :

  1. saya kira awalnya dual kaera itu fotonya bisa jadi 2 hehe. yuk kunjungi cloud computing indonesia

    ReplyDelete
  2. Artikel yg bgus..

    silahkan cek website anda di
    http://sitespy.id/

    ReplyDelete