-->

WELCOME TO

GADGETS IN THINK

Share Informasi, Berita, Rumor Seputar Gadget.
GadgetsInThink Line: @tjh3179q

Kenapa RAM di Ponsel Android Gede-Gede?



Pertanyaan ini beberapa kali ditanyakan oleh para adders di Official Accounts Line GadgetsInThink: "Kenapa device-device Android sekarang RAM nya gede-gede (rata2 diatas 2GB) bahkan sampai ada yang 6GB? Sedangkan Smartphone dari Apple masih bertahan pake RAM 1-2GB."

Oke saya disini bakal menjawab dan membahas beberapa faktor nya. Jawaban disini agak mengarah ke programming ya karena masalah utamanya ada di Pemrograman yang dipakai di kedua sistem operasi tersebut. Android menggunakan bahasa pemrograman Java sedangkan iOS gunakan bahasa pemrograman 'Objective-C'. 

"Terus?"

Hal ini berefek ke performa nya secara langsung, karena di Java, Android memanfaatkan fitur/service bernama 'Garbage Collector' sedangkan di pemrograman C yang dipakai iOS tidak.

"Hmm.. Apa tuh garbage collector?"

Garbage Collector adalah sebuah proses penggunaan kembali memori setelah aplikasi Android menggunakannya. Proses ini akan berjalan dengan baik di sistem memori dengan ruang yang lega, namun ketika banyak aplikasi berjalan di latar, performanya akan menurun. Intinya garbage collector ini mengatur sektor pemakaian memori di Android dan membutuhkan memori lebih besar agar fitur ini dapat berjalan dengan lancar serta tidak mengganggu aktifitas lain.

"Kalo butuh memori yang lega, kenapa Android pake Java? ga pake C aja kaya di iOS?"

Hal ini mungkin untuk memudahkan para programmer ataupun para pengembang dengan tidak perlu memikirkan masalah penggunaan memory (‘pointer management’). Karena semua masalah penggunaan memory akan diatur oleh si garbage collector tadi.


iPhone 6s credit: techradar.com


"Oh gitu, nah kalo iOS nya gimana tuh?"

Seperti yang disebutkan diatas tadi, iOS mamakai pemrograman C yang sedikit lebih rumit karena programmer harus mengatur penggunaan memory-nya secara manual dengan cara yang dinamakan 'reference counter'. Sebenarnya Mac OS pun menggunakan fasilitas 'Garbage Collector' namun fasilitas itu dirasa tidak cocok jiga diterapkan di ponsel yang memiliki spesifikasi lebih rendah. 

Namun semakin kesini (tepatnya dimulai saat iOS 5) Apple dikabarkan telah berhasil memecahkan masalah 'reference counter' dengan menerapkan 'Automatic Reference Counter'. Automatic Reference Counter terjadi saat compile time (pada saat kode teks program di ubah ke bahasa mesin yang dimengerti oleh iOS device). Sehingga tidak ada performance yang terbuang pada saat program dijalankan. 

Dan setelah penemuan ARC tersebut, Apple pun menghilangkan fasilitas Garbage Collector di Mac OS dan menggantinya dengan ARC demi peningkatan performa di Mac OS.


OnePlus 3. credit: cnet.com


"Keren yah ARC ARC an itu. Kenapa Android ga nerapin ARC sekalian?" 

Mungkin bisa saja Android melepas pemrograman Java dan mulai membangun pemrograman baru pake teknologi ARC tersebut. Namun sepertinya mustahil karena hal tersebut pasti membutuhkan riset yang cukup lama. 

Belum lagi Android merupakan sebuah sistem operasi open source yang dipakai oleh bermacam-macam vendor (Samsung, LG, Asus, dll.) Hal ini membuat variasi hardware terlalu banyak dan membuat optimalisasi software diserahkan pada masing-masing vendor. Dan tidak semua vendor bisa mengoptimalisasikan software dan hardware secara maksimal.

Berbeda dengan iOS yang hanya digunakan oleh device-device dari Apple saja. Sehingga lebih fokus untuk mengoptimalisasikan software dengan hardware nya.

"Kok kayanya iOS tanpa cacat gitu? seolah-olah menang telak dari Android terutama dari segi performa"

Ga juga sih sebenarnya, Lag ataupun lemot juga sering dijumpain di perangkat iPhone. Seringnya sih saat habis update dan software nya belum 'klop' dengan perangkat tersebut. Dan hal itu sangat sering dijumpai kok. Jadi iOS ga menang telak juga dari Android. huehue...


Cukup deh tulisannya, semoga membantu memberi pencerahan :D

Share this:

ABOUT ME

Thanks buat yang sudah menyempatkan waktu untuk membaca post GadgetsInThink. Kunjungi terus GadgetsInThink tiap hari, karena akan ada post baru tiap harinya. Add juga Line GadgetsInThink: @tjh3179q

JOIN CONVERSATION

8 comments :

  1. ram hp ane aja 4gb
    tapi cuma disisain 1,9gb buat aplikasi lain :D
    entah sisanya selain mesin apalagi

    ReplyDelete
  2. Lengkap bgt penjelasanya, thanks

    ReplyDelete
  3. oh gitu toh, baru tau saya :)

    ReplyDelete
  4. Jdi gitu ya gan, Lengkap penjelasan nya. thanks

    ReplyDelete
  5. Ouh jadi begitu, baru tau saya alasannya

    ReplyDelete
  6. baru ngerti , padahal 2 tahun ane pake andro

    ReplyDelete
  7. baru tau saya , thanks infonya mas bermanfaat

    ReplyDelete