-->

WELCOME TO

GADGETS IN THINK

Share Informasi, Berita, Rumor Seputar Gadget.
GadgetsInThink Line: @tjh3179q

Teknologi Storage pada iPhone 6s yang Jarang Menjadi Sorotan



Banyak orang yang berfikir bahwa spesifikasi yang ada pada perangkat iPhone terkesan rendah, padahal device dari Apple tersebut dibanderol dengan harga yang tinggi. Umumnya orang-orang sering merendahkan spesifikasi iPhone disektor processor nya yang hanya dual-core, kapasitas RAM yang hanya 1 atau 2GB aja dan kapasitas battery yang kecil. Tapi walaupun hadir dengan spesifikasi yang diatas kertas tertinggal oleh perangkat flagship Android saat ini, kenyataannya iPhone 6s pun masih bisa menyaingi bahkan mengalahkan performa flagship-flagship Android saat ini. Sebenarnya ada cukup banyak faktor yang mempengaruhi, tapi di post ini admin bakal bahas di sisi storage aja. 

Memori atau storage, satu komponen dalam smartphone yang mungkin jarang dijelaskan secara detail di tabel-tabel spesifkasi smartphone. Sehingga sektor ini sering dilewatkan atau terlupakan begitu saja. Sebagian besar dari kita tentu hanya melihat sebuah storage dari kapasitas GB nya saja kan? :D Padahal jenis memori yang ada pada smartphone juga memegang peranan penting pada Smartphone.

Beberapa hari lalu admin ngeliat satu gambar berupa grafik dari AnandTech, yang memperlihatkan kecepatan read & write pada storage smartphone-smartphone kelas atas. Dan hasilnya... yap, iPhone 6s menjadi ponsel dengan storage yang memiliki kecepatan paling cepat. Kenapa bisa begitu? sihir apa yang dilakukan Apple ke iPhone 6s?

Salah satu alasan kenapa iPhone 6s bisa jauh lebih cepat dibanding smartphone-smartphone lain adalah tentang cara yang dilakukan Apple untuk menangani sektor memori. Dikutip dari bgr, AnandTech menjelaskan Apple mengadopsi teknologi controller SSD yang ada di Macbook dan teknologi tersebut dikemas ulang oleh Apple agar cocok digunakan di smartphone. Teknologi controller SSD pada Macbook memang terkenal sangat cepat dalam melakukan transfer data. Selain itu, terdapat laporan yang mengatakan Apple juga menggunakan protokol NVMe dengan custom memori NAND untuk menggantikan memori eMMC atau UFS yang umum terdapat pada smartphone saat ini. 

Pada pengujiannya, kecepatan memori pada iPhone 6s juga masih jauh diatas Samsung Galaxy S7 dan Galaxy S6 yang menggunakan jenis memori UFS 2.0.

Februari lalu, Samsung mengumumkan generasi baru dari UFS 2.0 dengan peningkatan kapasitas sampai dengan 256GB dan memiliki kecepatan baca sampai dengan 850MBps dan kecepatan tulis sampai dengan 260MBps. Namun nyatanya kecepatan storage pada Galaxy S7 dan Galaxy Note 7 masih kalah dengan kecepatan storage milik iPhone 6s.

Namun Samsung akan terus mengembangkan teknologi UFS ini untuk kedepannya. Hal itu mereka sampaikan pada Mobile & IOT 2016, di Seoul beberapa waktu lalu. Dan pada 2018 nanti Samsung mengatakan kecepatan internal UFS 2.0 dan 2.1 pada seri Galaxy S dan Galaxy Note akan mencapai 2.4GBps. Samsung juga akan terus mengembangkan UFS card v1.0 mereka yang saat ini punya kecepatan 600MBps akan ditingkatkan menjadi UFS card v2.0 dengan kecepatan 1,2GBps.


Artikel lain yang menjelaskan kenapa iPhone lebih dari Android: http://gadgetsinthink.blogspot.co.id/2016/07/kok-ram-di-ponsel-android-sampe-6gb.html

Share this:

ABOUT ME

Thanks buat yang sudah menyempatkan waktu untuk membaca post GadgetsInThink. Kunjungi terus GadgetsInThink tiap hari, karena akan ada post baru tiap harinya. Add juga Line GadgetsInThink: @tjh3179q

JOIN CONVERSATION

4 comments :

  1. Wih keren artikel nya gan.

    ReplyDelete
  2. iphone gak perlu ditanya lagi dah kecanggihannya, tapi tetep aja kalo prefer ke android karena ada yang murah, wkwkwk

    ReplyDelete
  3. iphone terlihat lebih berkelas dibanding hp lainnya, padahal kalau difikir2 untuk penggunaan sehari2 sama saja dengan yang lain. kita cari yang sesuai kebutuhan saja

    ReplyDelete