-->

WELCOME TO

GADGETS IN THINK

Share Informasi, Berita, Rumor Seputar Gadget.
GadgetsInThink Line: @tjh3179q

Layar Gorilla Glass 5 di Samsung Galaxy Note 7 Rentan Tergores?


Beberapa hari lalu, Channel Youtube JerryRigEverything mengunggah sebuah video Samsung Galaxy Note 7. Didalam video tersebut, Jerry melakukan sebuah pengujian untuk menguji ketahanan sang flagship Samsung tersebut. Salah satu pengujiannya adalah tes ketahanan layar terhadap goresan menggunakan skala Mohs. Sebagai informasi, layar Galaxy Note 7 diklaim telah dilapisi Corning Gorilla Glass 5. 

Saat melakukan tes, secara mengejutkan terdapat goresan pada layar Galaxy Note 7 mulai dari level ke tiga. Hal tersebut membuat Jerry langsung mengatakan bahwa layar Gorilla Glass 5 ini lebih mudah tergores dibanding generasi Gorilla Glass sebelumnya dan tingkat kekerasannya hanya satu tingkat diatas plastik.

Pernyataan tersebut langsung direspon Jayman Amin selaku VP Technology dari Corning. Mengutip dari Kompas Tekno, Dirinya (Jayman Amin) tak terima bahwa Gorilla Glass 5 dibilang rentan terhadap goresan. Menurut Jayman Amin, "pengujian yang dilakukan Jerry tak jelas, dia (Jerry) menggunakan logam dengan standar kekerasan Mohs, tapi dengan cara yang tidak terkontrol. Kita juga tak tahu tekanan yang dipakai apakah berubah-ubah atau tidak."

Pihak Corning juga menambahkan bahwa garis yang terlihat seperti goresan itu bisa saja hanya sebuah "transfer mater", yakni ujung logak yang luruh dan menempel pada kaca. Transfer materi tersebut sulit untuk dibersihkan dengan kain, sehingga akan tetap terlihat menghalangi layar dan tampak seperti goresan. 

Corning juga ngotot mengatakan bahwa kaca gorilla glass yang beredar setidaknya memiliki memiliki tingkat kekerasan 5 pada skala Mohs, bukan 3 seperti pada video Galaxy Note 7 milik JerryRigEverything.

Bisa diambil pelajaran, penggunaan proteksi layar tambahan seperti Tempered Glass memang sangat dianjurkan untuk memberikan perlindungan tambahan pada layar smartphone. Corning pun mengatakan bahwa kaca-kaca Gorilla Glass setidaknya memiliki tingkat kekerasan 5 pada skala Mohs. Artinya, benda-benda yang memiliki tingkat kekerasan diatas 5 masih bisa menggores layar pada gorilla glass. Pasir / debu dikatakan berpotensi besar untuk bisa menggores layar pada smartphone. Beberapa orang mengatakan tingkat kekerasan pasir / debu bisa mencapai level 6-7 pada skala Mohs karena pada pasir / debu biasanya terdapat material kuarsa / Quartz. 

Share this:

ABOUT ME

Thanks buat yang sudah menyempatkan waktu untuk membaca post GadgetsInThink. Kunjungi terus GadgetsInThink tiap hari, karena akan ada post baru tiap harinya. Add juga Line GadgetsInThink: @tjh3179q

JOIN CONVERSATION

    Blogger Comment

0 comments :

Post a Comment