-->

WELCOME TO

GADGETS IN THINK

Share Informasi, Berita, Rumor Seputar Gadget.
GadgetsInThink Line: @tjh3179q

Cara Unlock atau Aktifkan 4G di Smartphone Xiaomi


Sampai post ini dibuat sepertinya Xiaomi Indonesia masih kesulitan untuk merampungkan peraturan TKDN yang diterapkan pemerintah untuk ponsel-ponsel 4G yang akan dijual di Indonesia. Akibatnya, Ponsel yang dijual secara resmi oleh Xiaomi Indonesia tak bisa menikmati jaringan 4G di Indonesia. Tak cuma ponsel Xiaomi resmi saja yang bermasalah 4G nya, ponsel tidak resmi atau biasa disebut distributor juga terkena imbasnya. Setting 4G di ponsel mereka biasanya menghilang setelah flashing / upgrade versi MIUI Global. Dan gak sedikit yang bingung sama hal itu. Karena di Line GadgetsInThink juga banyak yang nanyain soal ini, jadi saya tulis aja post nya biar kalian lebih gampang dan ga perlu tanya-tanya lagi.

Untuk mengembalikan setting 4G yang udah terlanjur menghilang, ada tiga cara yang saya tau sampai saat ini. 

- Cara pertama, mungkin ini cara paling simpel.
1. Buka aplikasi dial / phone pada smartphone Xiaomi mu
2. Lalu ketikkan *#*#4636#*#*
3. Kemudian pilih antara 'Phone Information 1' atau 'Phone Information 2', sesuai di slot mana kamu pasang kartu SIM 4G nya.
4. Setelah memilih Phone Information, cari 'Set Preffered Network Type'
5. Cari pilihan LTE dan pilih pilihan tersebut. Bebas mau LTE Only atau yang lainnya. Saya selalu set ke LTE Only. Jika tidak ada pilihan LTE, berdasarkan info yang admin dapet, bisa juga di set ke CDMA Only. Namun untuk CDMA only pastikan di daerah mu memang sudah tercover jaringan 4G yang kuat, kalau tidak maka cara ini tidak akan sukses.
6. Jika cara ini kurang manjur, bisa lanjut baca ke cara selanjutnya.

- Cara kedua
Di cara kedua ini kamu dituntut untuk tidak menggunakan bahasa indonesia dan pilih lokasi selain Indonesia. Kamu bisa masuk ke menu 'Settings' lalu masuk ke 'Additional Settings'. Nah disini untuk bahasa kamu gunakan bahasa 'English (United States)' aja. Dan untuk lokasi pindah ke selain Indonesia, di grup GadgetsInThink ada yang set ke Singapore atau Hong Kong. 

Berikut langkah-langkah nya (Bytheway, disini admin menggunakan setting bahasa inggris, untuk yang masih pake bahasa Indonesia diharap bisa menyesuaikan sendiri ya)
1. Masuk ke 'Settings'
2. Lalu pilih 'Additional Settings' 
3. Setelah itu, pilih 'Language & Input', pilih 'Language' dan cari pilihan 'English' bebas mau English US atau English UK atau mau bahasa Thailand juga silahkan. Sawatdee Khrap... :D
4. Jika bahasa sudah di set ke bahasa selain Indonesia, sekarang coba ganti lokasi. Kalian tinggal 'back' aja sampai di 'Additional Settings' lagi dan sekarang masuk ke pengaturan 'Locale'
5. Jika sudah, langsung pindah lokasi selain Indonesia, bebas mau dimana aja, Thailand juga boleh. Sawatdee Khrap.. *ciee callback*. Intinya bukan Indonesia.
6. Setelah kamu pilih Indonesia. coba restart hp kamu.
7. Udah nyala hp nya? sekarang coba dial lagi ke *#*#4636#*#* dan coba cari setting CDMA Only atau LTE Only. 
8. Kalau masih belum bisa, kamu coba lakukan Factory Reset. Tapi tentu semua data di Internal memory akan hilang, jadi sebelum melakukan factory reset, kamu bisa back up dulu data dan aplikasi yang menurut kamu penting.
9. Setelah melakukan Factory Reset, saat pengaturan awal jangan pilih Bahasa dan Lokasi Indonesia. 10. Jika masih belum bisa, sabar lah dan baca cara selanjutnya.

- Cara Ketiga, nah untuk cara ini kurang lebih sama dengan cara pertama, bedanya kamu perlu melepas SIM Card mu untuk cara ketiga ini.
1. Matikan smartphone mu. *Admin menganggap kalian bisa mematikan smartphone kalian masing-masing*
2. Setelah ponsel mati, cabut SIM Card dan hidupkan smartphone mu lagi dalam keadaan tanpa SIM Card.
3. Setelah ponsel nyala, dial *#*#4636#*#* dan pilih 'Set Preffered Network Type' nya 'CDMA Only'
4. Lalu masukkan kembali SIM Card mu.
5. Setelah memasukkan SIM Card, masuk ke 'Settings' -> 'SIM Cards & Networks' -> Pilih SIM 4G mu -> Masuk ke 'Preffered Network Type -> Pilih 'Global' atau Prefer 4G LTE (CDMA). Selesai.
6. Jika cara ini masih ga mempan, tenang ada cara ampuh namun mesti sedikit bersusah payah terutama bagi yang belum pernah melakukan flashing.

- Cara pamungkas, Flashing ke ROM China, jangan gunakan ROM Global.
Jika cara-cara diatas masih belum mampu menjawab permasalahanmu, mungkin kamu ditakdirkan untuk melakukan flashing menggunakan ROM China. Untuk file dan tutorial flashing, kalian bisa belajar di Grup-Grup Xiaomi yang ada di Facebook. Semua jenis smartphone Xiaomi ada grup nya kok di Facebook, join aja dan jangan sungkan untuk post minta bantuan disana. Selain itu, kalian bisa cari grup Mi Fans sesuai regional kalian. Kalian bisa tanya-tanya disana atau janjian ketemuan untuk minta tolong flashing in hp Xiaomi kalian. 

Well, itulah beberapa cara untuk mengaktifkan 4G di smartphone Xiaomi yang sudah dibekali kemampuan 4G LTE. Dan pastikan daerah mu sudah ter-cover jaringan 4G dan kamu sudah menggunakan kartu SIM khusus 4G LTE.

Share this:

ABOUT ME

Thanks buat yang sudah menyempatkan waktu untuk membaca post GadgetsInThink. Kunjungi terus GadgetsInThink tiap hari, karena akan ada post baru tiap harinya. Add juga Line GadgetsInThink: @tjh3179q

JOIN CONVERSATION

1 comments :